Sejarah

SEJARAH SINGKAT SMP NEGERI 2 BALEN

      SMP Negeri 2 Balen berdiri pada tahun 1989 dengan jumlah siswa pertama 132 anak yang terbagi kedalam 3 rombongan belajar. Pada saat itu sekolah belum memiliki gedung sendiri sehingga menumpang di SMP Negeri 1 Balen. Jumlah guru definitif dua personil sehingga guru yang lain merupakan guru SMP Negeri 1 Balen.

       Pada tahun 1990 gedung SMP Negeri 2 Balen yang terletak di Desa Kenep, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro dapat dipergunakan sehingga kegiatan pembelajaran berpindah dari gedung SMP Negeri 1 Balen ke gedung baru.

       Seiring berjalannya waktu SMP Negeri 2 Balen berkembang dengan pesat pada tahun 2008 berhasil meraih predikat sebagai Sekolah Standar Nasional. Dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup pada tahun 2015 berhasil meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten dan berlanjut pada tahun 2016 sebagai Sekolah Adiwiyata Propinsi dan tahun 2017 sebagai Sekolah adiwiyata Nasional.

       Dengan pembinaan yang terarah berbagai raihan prestasi telah diperoleh peserta didik SMP Negeri 2 Balen diantaranya juara Lomba Karya Ilmiah tingkat Asia, juara lomba mapel, juara bidang kepramukaan, juara olahraga hingga tingkat propinsi dan juara desain batik tingkat kabupaten.

      Kepercayaan masyarakat tumbuh seiring berjalannya waktu, SMP Negeri 2 Balen yang semula selalu menjadi pilihan kedua lambat laun berubah dan menjadi pilihan utama. Kepercayaan tersebut dijawab dengan memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kepeminatan peserta didik. Selain kelas regular SMP Negeri 2 Balen membuka kelas khusus yang terdiri dari kelas unggulan, kelas bilingual, dan kelas olahraga dengan pembentukan kelas khusus tersebut diharapkan potensi siswa dapat berkembang secara optimal.