Adiwiyata Mandiri
PINTU GERBANG SMPN 2BALEN BOJONEGORO

PROGAM UNGGULAN SEKOLAH ADIWIYATA SMPN 2 BALEN

PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH ADIWIYATA

SMP NEGERI 2 BALEN BOJONEGORO

JAWA TIMUR

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO

DINAS PENDIDIKAN

SMP NEGERI 2 BALEN

Alamat : Jl. Desa Kenep no.05 Telp.(0353) 331675  Balen Bojonegoro 62182

TAHUN 2019

PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH ADIWIYATA

SMP NEGERI 2 BALEN

Adiwiyata adalah salah satu program dari Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah sebagai upaya pelestarian Lingkungan Hidup. Saat ini dunia seakan khawatir dengan kondisi alam yang sangat mempengaruhi kelangsungan makhluk hidup yang ada di muka Bumi.

Sebagai sekolah Adiwiyata Nasional yang berkuwajiban untuk mengimbaskan program sekolah Adiwiyata ke sekolah yang lain, SMP Negeri 2 Balen juga menciptakan program strategis yang berkaitan dengan kegiatan Sekolah Adiwiyata khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah antara lain membentuk program“SEDEKAH SAMPAH” dimana dalam kegiatan ini semua siswa diwajibkan untuk berburu sampah dilingkungan sekolah, kegiatan ini dilaksanakan  20 menit sebelum jam pelajaran dimulai, dan sampah yang sudah didapatkan disetorkan ke petugas sampah, dan sampah dipilah-pilah juga ditempatkan sesuai dengan jenis sampah yang ada.

 Untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah secara kontinyu(berkelanjutan) maka SMPN 2 Balen juga membentuk program “KESAMBI” akronim dari ketemu sampah ambil, Kesambi ini ditujukan bagi seluruh warga sekolah tanpa terkecuali dimulai dari siswa, penjaga kebersihan, tenaga tatausaha, guru sampai kepala sekolah. Setelah dilaksanakannya kedua program tersebut diatas, sekolah juga memberikan pelatihan kepada petugas sampah tentang cara-cara pembuatan pupuk kompos untuk memanfaatkan sampah-sampah yang sudah terkumpul dari Sedekah Sampah maupun Kesambi, dan diberikan materi cara membuat kompos menggunakan komposter, dimaksudkan untuk memanfaatkan sampah organik menjadi bermanfaat.. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut diharapkan SEDEKAH SAMPAH dan KESAMBI dapat memberikan pendidikan dan meningkatkan kesadaran semua warga sekolah untuk berupaya mencegah kerusakan lingkungan dan berupaya menjaga dan melestarikan lingkungan, khususnya lingkungan sekolah yang di diaplikasikan dalam Pendidikan Lingkungan Hidup PLH di sekolah.

PROGRAM UNGGULAN

SMP NEGERI 2 BALEN

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  1. Latar Belakang

Kementerian Negara Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional telah menggulirkan Program Adiwiyata, yaitu Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan dengan harapan dapat mengajak warga sekolah melaksanakan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpatisipasi melestarikan serta menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya. Tujuan program ini adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Tujuan dari program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran & penyadaran warga sekolah (guru, murid & pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan & pembangunan berkelanjutan .

Disamping itu, Indikator Program Adiwiyata yang dijabarkan dalam 4 kriteria itu jika dilaksanakan memiliki keuntungan yang besar bagi sekolah. Hal ini yang memberikan motivasi kepada kami pihak sekolah dalam mengikuti program adiwiyata ini.

Potensi yang dimiliki SMP Negeri 2 Balen sangat mendukung untuk mengikuti program sekolah Adiwiyata. Untuk itulah , kami menjadikan Sekolah Adiwiyata sebagai program unggulan sekolah untuk tahun pelajaran 2019/2020 dalam rangka untuk meraih predikat sekolah Adiwiyata Mandiri

2. Tujuan

  1. Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah.
  2. Meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan actor.
  3. Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
  4. Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai‐nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
  5. Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah

3. Deskripsi Program

Dalam rangka mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, SMP Negeri 2 Balen menyusun rencana kegiatan yang akan dicapai selama 4 tahun kedepan. Rencana kegiatan ini telah disusun pada Tahun Pelajaran 2015/2016, jadi telah berjalan selama 3 tahun.

  1. Tabel Rencana Kegiatan jangka menengah
  1. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
Tujuan Kegiatan Sasaran Output Waktu
I II III IV
Mengembangkan Visi dan Misi Menyusun Visi dan Misi Sekolah Adiwiyata Kepsek, Guru, Komite Visi dan Misi tercantum dalam KTSP
Sosialisasi Visi dan Misi sekolah Adiwiyata Seluruh warga sekolah Tersosialisasi Visi dan Misi Sekolah adiwiyata
Mengevaluasi pelaksanaan Visi dan misi Sekolah adiwiyata Seluruh warga sekolah Perbaikan atau revisi misi dan visi sekolah
Mengembangkan kurikulum Pendidikan Lingkungan hidup Himbauan untuk pengintegrasian PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri Guru mata pelajaran IPA,IPS, Penjaskes,Pendidikan Agama, Muatan Lokal dan Pengembangan diri PLH terintegrasi dalam mata pelajaran tertentu
Menyusun Kurikulum Sekolah (KTSP) yang mengintegrasikan PLH dalam Mata Pelajaran dan pengembangan diri Kepsek, Guru dan Komite Tersusunnya muatan PLH dalam mata pelajaran tertentu dalam KTSP
Pengembangan kurikulum pembelajaran PLH secara monolitik Kepsek, guru dan komite Adanya mata pelajaran PLH dalam muatan local
Melaksanakan kegiatan rutin tahunan yang bertema Lingkungan hidup Penanaman pohon / penghijauan Seluruh warga sekolah Sekolah yang hijau dan rindang
Lomba kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya Siswa Kelas yang bersih dan sehat
Lomba mengarang / poster bertema Lingkungan Siswa Peningkatan kemampuan menulis dan pemahaman tentang LH
Peningkatan Kapasitas SDM warga sekolah Seminar Kepsek dan guru Meningkatnya pemahaman tentang PLH
Lokakarya  / workshop Kepsek dan guru Meningkatnya keterampilan dalam mengelola LH
Studi Banding Kepsek dan guru Menambah pengetahuan tentang Adiwiyata
Sosialisasi penerapan PLH Pengarahan pada saat upacara bendera Seluruh warga sekolah Tersosialisasinya penerapan PLH
pengarahan pada saat rapat komite komite / orang tua siswa Tersosialisasinya penerapan PLH
efisiensi penggunaan air, listrik, alat tulis kantor Meyusun surat keputusan tentang petunjuk pelaksanaan hemat SDA Kepsek, Guru dan staf Tata usaha Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
Sosialisasi Pedoman Hemat Sumber Daya Alam Seluruh warga sekolah Tersosialisasinya Pedoman Hemat SDA
Terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat Menyusun surat keputusan tentang petunujuk pelaksanaan sekolah yang bersih dan sehat Kepsek, Guru dan staf Tata usaha Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
Sosialisasi Pedoman Budaya Bersih dan Sehat Seluruh warga sekolah Tersosialisasinya Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
Mengalokasikan anggaran bagi kegiatan PLH Penyediaan prasarana kebersihan Sekolah Lingkungan sekolah yang bersih
Pembelian pohon dan tanaman hias/bunga Sekolah Lingkungan sekolah yang hijau dan indah
Pelatihan bertema lingkungan hidup di sekolah Kepsek, guru Terampil dalam pengolahan sampah dan pembuatan kompos
  1. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup
Tujuan Kegiatan Sasaran Output Waktu
I II III IV
Mengembangkan kurikulum pembelajaran PLH Menyusun silabus terkait PLH secara integrasi Kepsek, Guru mata pelajaran terkait Silabus mata pelajaran terintegrasi
Menyusun silabus mata pelajaran PLH Kepsek, Guru mata pelajaran PLH Silabus Mata pelajaran PLH
Mengembangkan materi PLH berdasarkan isu local Menyusun silabus berisikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran terkait Kepsek, Guru mata pelajaran terkait Silabus berisikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran terkait
Menyusun silabus berisikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran PLH Kepsek, Guru mata pelajaran PLH Silabus berisikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran PLH
Mengembangkan materi PLH berdasarkan isu global Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pelajaran terkait Kepsek, Guru mata pelajaran terkait Silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pelajaran terkait
Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pelajaran PLH Kepsek, Guru mata pelajaran PLH Silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pelajaran PLH
Mengembangkan metode pembelajaran PLH Menyusun silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi Kepsek, Guru mata pelajaran terkait Silabus Mapel terintegrasi dan atau monolitik
Memanfaatkan sumber belajar PLH Menyusun silabus dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah Kepsek, Guru mata pelajaran terkait silabus dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
Menyusun silabus mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah Kepsek, Guru mata pelajaran PLH Silabus Mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
Mengimplementasikan hasil pembelajaran PLH dalam kegiatan kurikuler Pencangkokan tanaman Siswa Siswa dapat mencangkok tanaman / pohon
Pengolahan sampah Siswa Siswa dapat mengelola sampah secara sederhana
  1. Pengembangan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
Tujuan Kegiatan Sasaran Output Waktu
I II III IV
Mengembangkan kegiatan dalam ekstrakurikuler atau kokurikuler Piket Kebersihan Siswa Ada jadwal kebersihan sekolah
Lomba Kebersihan kelas Siswa Meningkatnya motivasi siswa dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya
Masa orientasi Siswa Baru Siswa Siswa baru dapat mengenal tentang PLH
Lomba majalah dinding Siswa Meningkatnya kemampuan menulis siswa
Kemah Hijau Siswa Siswa dapat mempraktek kan matei PLH yang didapatnya
Mengadakan kegiatan-kegiatan LH yang melibatkan masyarakat sekitar Penanaman Pohon / penghijauan Warga sekolah,   masyara kat sekitar Teciptanya lingkungan Sekolah dan sekitarnya yang hijau
Seminar/Bimtek guru diwilayah kecamatan unter iwes Mensosialisasikan PLH kepada guru-guru sekolah lain
Mengikuti kegiatan LH yang diprakarsai pihak luar Lomba Sekolah Sehat (UKS) warga sekolah Sekolah yang bersih dan sehat
Aksi penanaman sejuta pohon warga sekolah, masyarakat sekitar Lingkungan sekolah dan sekitarnya yang rindang
Lomba pidato bertema lingkungan Siswa siswa di sekolah sekecamatan Meningkatnya kemampuan berpidato dan pemahaman LH pada siswa
Melakukan kemitraan dengan pihak luar dalam pengembangan PLH Penyusunan materi ajar lingkungan hidup Guru dan pihak terkait Tersusunnya materi ajar muatan acto PLH
  1. Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yang RamahLingkungan
Tujuan Kegiatan Sasaran Output Waktu
I II III IV
Memanfaatkan sarana pendukung sekolah sebagai media pembelajaran pemanfaatan Rumah kaca/green house Siswa Siswa dapat memanfaat kan rumah kaca
Pemanfaatan pohon/kebun Siswa Siswa dapat menanam/mencangkok dengan baik
Pembibitan Siswa Siswa dapat melakukan pembibitan tanaman
Pemanfaatan mesin pencacah sampah Siswa Siswa dapat melakukan pengelolaan sampah
Mengelola sarana dan prasarana sekolah yang ramah lingkungan Pengaturan ruang kelas siswa Ruang kelas memenuhi syarat kesehatan
Pemeliharaan dan pengaturan pohon peneduh / penghijauan warga sekolah Lingkungan sekolah yang teduh dan rindang
Mengelola fasilitas sanitasi Membuat jadwal kegiatan pengelolaan sanitasi siswa, guru, staf tata usah Adanya jadwal/piket pengelolaan sanitasi
pengadaan bong untuk air bersih di setiap halaman depan kelas warga sekolah Tersedianya tempat cuci tangan bagi siswa dan guru
Penambahan WC siswa warga sekolah Tersedianya WC tambahan bagi siswa
Pembuatan penampungan air limbah warga sekolah Tersedianya tempat penampungan air limbah
Perbaikan saluran drainase warga sekolah Saluran drainasi yang lebih baik
Menghemat SDA Membuat surat edaran penghematan SDA Kepsek, guru, siswa Surat Edaran penghematan SDA
Sosialisasi penghematan SDA warga sekolah Tersosialisasinya surat edaran penghematan SDA
Membuat himbauan-himbauan dilokasi tertentu Kepsek, guru Adanya poster/himbauan di lingkungan sekolah
Mengelola kantin dan atau makanan yang sehat Mengangkat pengawas kantin Kepsek, guru Adanya SK pengawas kantin
Membuat tata tertib kantin Kepsek, guru, pedagang kantin Tata tertib kantin
Menyediakan tempat sampah terpisah warga sekolah Tersedianya Tempat sampah terpisah di kantin
Menyediakan tempat cuci tangan siswa, pedagang kantin Tersedianya bong tempat cuci tangan di kantin
Menempelkan poster/himbauan makanan sehat Kepsek, guru, pedagang kantin Adanya poster / himbauan makanan sehat di kantin
Mengelola sampah Menyediakan tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruangan warga sekolah Tersedianya tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruang kelas dan guru
Membuat/menyediakan tempat penampungan sampah sementara warga sekolah Tersedianya bak sampah penampungan sementara
Membuat Piket kebersihan guru dan siswa Guru, siswa Jadwal / piket kebersihan
Pengolahan sampah sederhana Siswa Sampah yang telah diolah
  1. 2. Pelaksanaan Program Adiwiyata sampai Tahun Pelajaran 2018/2019
  2. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
No Kegiatan Pelaksanaan Sasaran Hasil yang dicapai Kendala pelaksanaan Tindak lanjut
1 Menyusun Visi dan Misi Sekolah Adiwiyata Juli 2018 Kepsek, Guru, Komite Visi dan Misi tercantum dalam KTSP Revisi jika diperlukan
2 Sosialisasi Visi dan Misi sekolah Adiwiyata Juli 2018 – Seluruh warga sekolah Tersosialisasi Visi dan Misi Sekolah adiwiyata
3 Himbauan untuk pengintegrasian PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri September 2018 Guru mata pelajaran IPA,IPS, Penjaskes,Pendidikan Agama, Muatan Lokal dan Pengembangan diri PLH terintegrasi dalam mata pelajaran tertentu Penyesuaian dengan Silabus yang telah disusun secara bersama dalam MGMP Penyesuaian Silabus dengan penambahan materi PLH
4 Penanaman pohon / penghijauan November 2018 Seluruh warga sekolah Sekolah yang hijau dan rindang Dilakukan secara berkelanju  – tan
5 Pengarahan pada saat upacara bendera setiap bulan kepsek, guru Tersosialisasinya penerapan PLH
6 pengarahan pada saat rapat komite Rapat Komite bulan September 2018 Kepsek, komite / orang tua siswa Tersosialisa sinya penerapan PLH Tidak semua orangtua hadir Diusahakan untuk menghadirkan seluruh wali murid
7 Meyusun surat keputusan tentang petunjuk pelaksanaan hemat SDA Oktober 2018 Kepsek, Guru dan staf Tata usaha Pedoman Hemat Sumber Daya Alam Revisi jika diperlukan
8 Sosialisasi Pedoman Hemat Sumber Daya Alam Juni 2018 – Seluruh warga sekolah Tersosialisa sinya Pedoman Hemat SDA
9 Menyusun surat keputusan tentang petunujuk pelaksanaan sekolah yang bersih dan sehat Juli 2018 Kepsek, Guru dan staf Tata usaha Pedoman Budaya Bersih dan Sehat Revisi jika diperlukan
10 Sosialisasi Pedoman Budaya Bersih dan Sehat Juni 2018 – Juni 2019 Seluruh warga sekolah Tersosialisasinya Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
11 Penyediaan prasarana kebersihan setiap Februari Sekolah Lingkungan sekolah yang bersih Terbatasnya dana kerjasama / mohon bantuan instansi terkait
12 Pembelian pohon dan tanaman hias/bunga Februari 2019 Sekolah Lingkungan sekolah yang hijau dan indah Terbatasnya dana kerjasama / mohon bantuan instansi terkait
  1. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup
No Kegiatan Pelaksa naan Sasaran Hasil yang dicapai Kendala pelaksanaan Tindak lanjut
1 Menyusun silabus terkait PLH secara integrasi Setiap Juli Kepsek, Guru mata pelajaran terkait Silabus mata pelajaran terintegrasi Masih kurang pemahaman tentang PLH Diadakan pelatihan / seminar
2 Menyusun silabus berisikan materi isu lokal LH pada indikator mata pelajaran terkait Setiap Juli Kepsek, Guru mata pelajaran terkait Silabus berisikan materi isu lokal LH pada indikator mata pelajaran terkait Dalam penyesuaian dengan materi yang telah ditentukan Disusun dengan mempertimbangkan masuknya materi isu lokal LH
3 Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada indikator mata pelajaran terkait Setiap Juli Kepsek, Guru mata pelajaran terkait Silabus berisikan materi isu global LH pada indikator mata pelajaran terkait Dalam penyesuaian dengan materi yang telah ditentukan Disusun dengan mempertimbangkan masuknya materi isu global LH
4 Menyusun silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi Setiap Juli Kepsek, Guru mata pelajaran terkait Silabus Mapel dengan metode pembelaja ran yang bervariasi sarana yang terbatas untuk mendukung metode pembelaja ran Diusahakan menambah sarana yang dapat digunakan untuk pembelaja ran
5 Menyusun silabus dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah Setiap Juli Kepsek, Guru mata pelajaran terkait Silabus mata pelajaran dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
6 Pencangkokan tanaman sesuai jadwal muatan lokal Siswa Siswa dapat mencangkok tanaman / pohon
7 Pengolahan sampah sesuai jadwal muatan lokal siswa Siswa dapat mengelola sampah secara sederhana Mesin pengolah sampah yang terbatas Penambahan mesin pencacah sampah
  1. Pengembangan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
No Kegiatan Pelaksanaan Sasaran Hasil yang dicapai Kendala pelaksanaan Tindak lanjut
1 Piket Kebersihan Setiap hari Siswa Ada jadwal kebersihan sekolah Dilakukan secara berkelanju    tan
2 Lomba Kebersihan kelas Setiap 3 bulan sekali Siswa Meningkat nya motivasi siswa dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya Dilakukan secara berkelanju    tan
3 Penanaman Pohon / penghijauan yang melibatkan masyarakat Januari 2019 Warga sekolah,   masyarakat sekitar Teciptanya lingkungan Sekolah dan sekitarnya yang hijau Masih kurang kerjasama dengan masyarakat Diusahakan adanya pendekatan yang lebih intensif dengan masyarakat
4 Lomba Sekolah Sehat (UKS) Sesuai jadwal  Lomba warga sekolah Sekolah yang bersih dan sehat Masih ada sarana yang kurang Penamba han sarana prasarana
5 Aksi penanaman sejuta pohon Januari 2019 warga sekolah, masyarakat sekitar Lingkungan sekolah dan sekitarnya yang rindang Terus diikuti setiap tahunnya
  1. Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yang Ramah Lingkungan
No Kegiatan Pelaksanaan Sasaran Hasil yang dicapai Kendala pelaksanaan Tindak lanjut
1 pemanfaatan Rumah kaca sesuai jadwal muatan lokal Siswa Siswa dapat memanfaatkan rumah kaca kondisi bangunan perbaikan bangunan
2 Pemanfaatan pohon/kebun sesuai jadwal muatan lokal Siswa Siswa dapat menanam/mencangkok dengan baik
3 Pembibitan sesuai jadwal muatan lokal Siswa Siswa dapat melakukan pembibitan tanaman
4 Pemanfaatan mesin pencacah sampah sesuai jadwal muatan lokal Siswa Siswa dapat melakukan pengelolaan sampah Jumlah yang terbatas Diusahakan penambahan mesin
5 Pengaturan ruang kelas setiap hari siswa Ruang kelas memenuhi syarat kesehatan
6 Pemeliharaan dan pengaturan pohon peneduh / penghijauan setiap hari warga sekolah Lingkungan sekolah yang teduh dan rindang Terus dipelihara
7 Membuat jadwal kegiatan pengelolaan sanitasi Setiap Juli siswa, guru, staf tata usah Adanya jadwal/piket pengelolaan sanitasi Belum optimal dilakukan Pengoptimalan jadwal kegiatan pengelolaan sanitasi
8 Rivitalisai trotoar untuk air bersih di setiap halaman depan kelas maret 2019 warga sekolah Tersedianya tempat cuci tangan bagi siswa dan guru Pemeliharaan dan penambahan jumlah
9 Penambahan WC siswa Maret 2019 warga sekolah Tersedianya WC tambahan bagi siswa Diusahakan ada penambahan wc lagi
10 Pembuatan penampu ngan air limbah sudah ada sebelum

nya

warga sekolah Tersedianya tempat penampu ngan air limbah
11 Membuat surat edaran penghema tan SDA Maret 2019 Kepsek, guru, siswa Surat Edaran penghema tan SDA Revisi jika diperlukan
12 Sosialisasi penghema tan SDA Maret 2019 warga sekolah Tersosialisasinya surat edaran penghema    tan SDA
13 Membuat himbauan-himbauan dilokasi tertentu Maret 2019 Kepsek, guru Adanya poster/himbauan di lingkungan sekolah Akan diperbanyak lagi
14 Mengangkat pengawas kantin April 2019 Kepsek, guru Adanya SK pengawas kantin
15 Membuat tata tertib kantin April 2019 Kepsek, guru, pedagang kantin Tata tertib kantin Revisi jika diperlukan
16 Menyediakan tempat sampah terpisah April 2019 warga sekolah Tersedianya Tempat sampah terpisah di kantin Pemelihara an dan perbaikan
17 Menyediakan tempat cuci tangan April 2019 siswa, pedagang kantin Tersedianya bong tempat cuci tangan di kantin Pemelihara an dan perbaikan
18 Menempel kan poster/himbauan makanan sehat April 2019 Kepsek, guru, pedagang kantin Adanya poster / himbauan makanan sehat di kantin Penamba han jumlah
19 Menyediakan tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruangan April 2019 warga sekolah Tersedianya tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruang kelas dan guru Pemelihara an dan perbaikan
20 Membuat/menyediakan tempat penampu ngan sampah sementara Mei 2019 warga sekolah Tersedianya bak sampah penampu ngan sementara Pemelihara an dan perbaikan
21 Membuat Piket kebersihan guru dan siswa Setiap Juli Guru, siswa Jadwal / piket kebersihan Terus berkelanju tan
22 Penampu ngan sampah sementara Mei 2019 siswa Tempat penampung Sampah sementara Jumlah terbatas Penamba han jumlah tempat penampu ngan sementara
  1. D.    Faktor pendukung keterlaksanaan

Dalam mewujudkan Program Adiwiyata, SMP Negeri 2 Balen memiliki potensi yang sangat besar, yaitu :

  1. SMP Negeri 2 Balen secara fisik sangat indah, rindang dan nyaman dengan penataan lingkungan sekolah yang baik, berupa taman sekolah, pengelolaan sarana dan prasarana sekolah, kantin maupun pengeloaan sampah. Ini telah lama dilakukan dan terus berkelanjutan setiap tahun dengan mengadakan perbaikan dan penyempurnaan diberbagai tempat. Hal ini yang menjadi salah satu factor  SMP Negeri 2 Balen, sejak digulirkan program sekolah Adiwiyata
  2. Dukungan yang besar dari semua warga sekolah. Adanya rasa kebersamaan untuk menjadikan SMP Negeri 2 Balen sebagai sekolah yang sehat, peduli dan berbudaya lingkungan menjadi modal utama untuk dapat mencapai cita-cita tersebut.
  3. Adanya program Ekstrakurikuler berupa keterampilan pertanian yang mendukung program ini

Demikian potensi dan kendala SMP Negeri 2 Balen dalam mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

  1. Hasil yang diharapkan

Hasil yang diharapkan dengan dijadikan Sekolah adiwiyata sebagai program unggulan sekolah adalah:

  1. Terciptanya kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran & penyadaran warga sekolah (guru, murid & pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan & pembangunan berkelanjutan
  2. Memperoleh predikat sekolah Adiwiyata Mandiri
  3. Jadwal Kegiatan Tahun Pelajaran 2019/2020
Kegiatan Bulan
7 8 9 10 11 12 1 2 3 4 5 6
Sosialisasi Visi dan Misi sekolah Adiwiyata
Mengevaluasi pelaksanaan Visi dan misi Sekolah adiwiyata
Himbauan untuk pengintegrasian PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri
Menyusun Kurikulum Sekolah (KTSP) yang mengintegrasikan PLH dalam Mata Pelajaran dan pengembangan diri
Pengembangan kurikulum pembelajaran PLH secara monolitik
Penanaman pohon / penghijauan
Lomba kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya
Lomba mengarang / poster bertema Lingkungan
Pengarahan pada saat upacara bendera
pengarahan pada saat rapat komite
Sosialisasi Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
Sosialisasi Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
Penyediaan prasarana kebersihan
Pembelian pohon dan tanaman hias/bunga
Menyusun silabus terkait PLH secara integrasi
Menyusun silabus mata pelajaran PLH
Menyusun silabus berisikan materi isu lokal LH pada  mata pelajaran terkait
Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada  mata pelajaran terkait
Menyusun silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi
Menyusun silabus dengan pemanfaatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *